Siklus Hidrologi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Fungsinya


Pengertian Hidrologi menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa definini Hidrologi menurut pendapat pada ahli sebagai referensi lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

1. Singh

Berdasarkan pendapat Singh menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang membahas tentang karakteristik menurut waktu dan ruang tentang kuantitas dan kualitas air dibumi termasuk suatu proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen.

Baca juga : Menteri LHK Mengatakan Pengusaha Jangan Risau Izin Olah Hutan, Ada Ciptaker

2. Marta dan Adidarma

Menurut Marta dan Adidarma menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang terjadinya suatu pergerakan dan distribusi air di bumi baik diatas maupun ataupun di bahwa permukaan bumi, tentang sifat kimia dan fisika air dengan suatu reaksi terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan.

3. K. Linsley dalam Yandi Hermawan

Ardi Hodrologi menurut Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang membicarakan tentang air yang ada dibumi yakni mengenai tentang kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap suatu lingkungan termasuk hubungan dengan kehidupan.

Air merupakan komponen penting dalam mendukung kehidupan mahluk hidup. 

Kebutuhan akan air sangatlah penting dan tidak dapat tergantikan dengan apapun. Manusia, dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari kebutuhan akan air. 

Baca juga : 472 Ribu Hektare Lahan Hutan Kritis Di Pulau Jawa

Hampir semua aktivitas manusia seperti rumah tangga, pertanian, perikanan, peternakan, industri dan mikrohidro memerlukan air. 

Namun demikian, ketersediaan air yang dapat dimanfaatkan langsung oleh manusia sangatlah terbatas. 

Di beberapa tempat, walaupun air yang tersedia melimpah, namun tidak dapat dimanfaatkan karena kualitas airnya tidak memenuhi persyaratan. Bahkan di tempat lain lagi, jumlah air yang tersedia sangat terbatas dengan kualitas yang tidak memenuhi persyaratan. 

Terbatasnya jumlah dan kualitas air permukaan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mengharuskan kita dapat mengelola dan memanfaatkan sumber air secara benar dan bijaksana.

Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai daerah tangkapan air mempunyai peranan yang penting dalam menyediakan kebutuhan air bagi manusia. 

Lebih dari itu, DAS berperan penting dalam menjaga lingkungan termasuk menjaga kualitas air, mencegah banjir dan kekeringan saat musim hujan dan kemarau, mengurangi aliran massa (tanah) dari hulu ke hilir. 

Salah satu upaya untuk menjaga fungsi DAS adalah dengan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kondisi DAS secara teratur.

Baca juga : Diduga Maraknya Pertambangan Ilegal Di Kabupaten Sambas

Kegiatan pemantauan dan evaluasi akan menjadi lebih efektif jika dilakukan bersama-sama dengan masyarakat (secara partisipatif). 

Masyarakat bertempat tinggal di areal DAS dan mengalami langsung perubahan fungsi hidrologi DAS yang terjadi. Oleh karena itu dengan melibatkan masyarakat dalam proses pemantauan dan evaluasi, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan terutama DAS.

Sebelum melakukan pemantauan dan evaluasi fungsi hidrologi DAS, pemahaman mengenai hidrologi dan DAS perlu dibangun. 

Dengan memahami siklus air di tingkat plot dan bentang lahan, mengetahui apa yang dimaksud dengan DAS, memahami fungsi hidrologi DAS, faktor-faktor yang mempengaruhi serta dampak perubahan fungsi hidrologi DAS, diharapkan kegiatan pemantauan dan evaluasi menjadi lebih mudah dan bermanfaat.

Previous Post
Next Post