British Council menjelasakan tentnag Pentingnya Hutan Papua untuk Lawan Perubahan Iklim


Direktur Pendidikan, Bahasa Inggris, dan Kemasyarakatan di the British Council Indonesia Colm Peter Downes menjelaskan bahwa Indonesia bisa terdampak sangat parah, sekaligus mencegah perubahan iklim.

Perubahan iklim saat ini masih menjadi topik internasional yang penting bagi Inggris. Indonesia dinilai berada di posisi penting dalam menghadapi perubahan iklim. 

"Indonesia berada di jantung dalam dua hal, yakni yang terdampak secara kuat oleh perubahan iklim, dampak perubahan iklim akan sangat terasa di Indonesia. Tetapi (Indonesia) juga berada di jantung dalam menangkal perubahan iklim dalam menjaga hutan, terutama di Papua, dan seluruh Indonesia," ujar Colm Peter Downes dalam acara RRI Diplomatic Forum ke-42, Selasa (12/7/2022). 

Namun, ia meminta agar para anak-anak muda tak hanya dilibatkan secara simbolis, melainkan dibuka pintu komunikasi yang konstruktif. 

"Dengarkan para pemuda dengan cara yang riil, bukan dengan cara tokenistik (simbolis), dan biarkan mereka terlibat mendesain sejumlah aksi-aksi agar kita bisa ambil untuk menangkal masalah-masalah besar global," ujar Downes.

Downes pun mengajak para pemerintah untuk melibatkan anak-anak muda dalam mendesain rencana melawan perubahan iklim. Ia mengaku telah melihat para pemuda Indonesia yang inovatif dan penuh gagasan.

Kesimpulan itu Downes ambil ketika mengadakan dialog meja bundar ketika Presiden COP26 Alok Sharma datang ke Indonesia. Inggris saat ini adalah presiden dari COP26 yang merupakan konferensi PBB untuk perubahan iklim. 

Previous Post
Next Post