'Penjaga' Hutan-Laut-Pangan Dapat Anggaran Kecil, DPR Protes

'Penjaga' Hutan-Laut-Pangan Dapat Anggaran Kecil, DPR Protes


Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2021, realisasi belanja KLHK sebesar Rp7,42 triliun atau sebesar 87 persen dari dari alokasi anggaran yang sudah ditambahkan. Lalu, realisasi belanja KKP sebesar Rp4,77 triliun atau sekitar 98,9 persen dari anggaran yang sudah direvisi.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyoroti kebijakan Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam pemberian anggaran kepada tiga mitra kerja Komisi IV DPR RI, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pertanian, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sudin menilai anggaran yang diberikan kepada ketiga Kementerian tersebut tergolong kecil.

"Saya juga menyayangkan kok yang menjaga hutan, disuruh menjaga laut, menghidupkan pangan (untuk) seluruh rakyat Indonesia sebanyak 170 juta lebih, dananya segitu. Saya ini bingung cara kerja Kementerian Keuangan dan Bappenas, cara menghitungnya bagaimana? Saya tegas memprotes hal (besaran anggaran) ini supaya jelas," tegas Sudin dalam raker, Senin (29/8/22).

Terakhir, realisasi belanja Kementan yang telah mencapai sebesar 15,871 triliun atau sebesar 97,28 persen dari anggaran yang sudah dialokasikan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini turut sepakat anggaran Kementan, KKP, dan KLHK perlu ditingkatkan.

"Kita sudah menyoroti tentang bagaimana keberpihakan penganggaran negara kita ini terhadap tiga sektor yang waktu pidato Presiden yang paling di-highlight. Itu enggak ada satupun yang di atas 1 persen (dari APBN). Ini tuh jadi kebijakan yang lucu, juga ironi. Padahal kita bicara krisis pangan global. Saya berharap ini jadi fokus kita bersama," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Senada, anggota komisi IV DPR RI Johan Rosihan juga menilai anggaran tersebut masih kecil. Namun di sisi lain, Ia meminta adanya target yang jelas dari setiap anggaran yang keluar.

"Saya tidak ingin kita terjebak pertanggungjawaban anggaran di angka-angka tapi lupa kinerja. Ke depan pertanggungjawaban diukur target dan capaian, jangan sampai tercatat sudah habis uang sekian tapi dampaknya nggak terlihat," sebut Johan.

"Jangan sampai habis anggaran sekian miliar tapi tanam padi pupuk nggak ada, alat tangkapnya nggak ada, jadi berapa uang dihabiskan tapi apa dampaknya di lapangan?" katanya.

sumber : cnbc

Previous Post
Next Post