5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia



Hutan adalah wilayah daratan yang didominasi oleh pepohonan. Ratusan definisi hutan digunakan di seluruh dunia, menggabungkan faktor-faktor seperti kerapatan pohon, tinggi pohon, penggunaan lahan, kedudukan hukum, dan fungsi ekologis.

Organisasi Pangan dan Pertanian mendefinisikan hutan sebagai lahan yang membentang lebih dari 0,5 hektar dengan pohon-pohon lebih tinggi dari 5 meter dan tutupan kanopi lebih dari 10 persen, atau pohon-pohon yang mampu mencapai ambang batas ini secara in situ. Ini tidak termasuk lahan yang didominasi oleh penggunaan lahan pertanian atau perkotaan.

 Menggunakan definisi ini, FRA 2020 menemukan bahwa hutan mencakup 4,06 miliar hektar atau sekitar 31 persen dari luas daratan global pada tahun 2020.

Hutan adalah ekosistem terestrial yang dominan di Bumi, dan tersebar di seluruh dunia. Lebih dari separuh hutan dunia hanya ditemukan di lima negara (Brasil, Kanada, Cina, Federasi Rusia, dan Amerika Serikat). Bagian terbesar dari hutan (45 persen) ditemukan di domain tropis (hutan tropis), diikuti oleh domain boreal, beriklim sedang dan subtropis.

Hutan menyumbang 75% dari produksi primer bruto biosfer Bumi, dan mengandung 80% biomassa tanaman Bumi. Produksi primer bersih diperkirakan sebesar 21,9 gigaton karbon per tahun untuk hutan tropis, 8,1 untuk hutan beriklim sedang, dan 2,6 untuk hutan boreal.

Berikut 5 Negara dengan hutan terluas di Dunia:

1. Rusia 

Bukan hanya sebagai negara terbesar, Rusia juga memegang rekor lain. Status negara dengan kawasan hutan terluas di dunia dipegang oleh negara beribu kota Moskow tersebut. Dilansir dari laman Statista, Rusia memiliki hutan seluas 815 hektare atau sekitar 49% dari total luas wilayahnya.

 Luasnya kawasan hutan di Rusia juga memiliki catatan menarik. Apabila dianalogikan secara sederhana, hutan yang ada di Rusia bisa sepenuhnya menutupi Australia, sebagaimana dilansir dari Green Earth.

2. Brasil

Terpaut jauh dari Rusia, Brasil memiliki hutan seluas 497 juta hektare. Angka ini membuat sebagian besar alias 61,9% wilayah Brasil tertutup oleh kawasan hutan yang lebat. Brasil memiliki salah satu hutan yang sangat populer, yaitu hutan Amazon.

Hutan ini merupakan hutan hujan tropis terbesar di dunia dan menjadi alasan utama Brasil masuk ke dalam daftar ini. Sayangnya, dari tahun ke tahun, luas hutan Amazon semakin berkurang akibat adanya deforestasi.

3. Kanada

Meski berdekatan dengan zona kutub yang dingin, Kanada tetap memiliki hutan dalam jumlah yang besar. Tercatat, luas hutan Kanada sebesar 347 hektare atau setara 34,1% dari total wilayahnya, dilansir dari Atlas Big.

Luas hutan Kanada bahkan setara dengan luas wilayah India. Dengan hal tersebut, tak ayal negara ini cukup dikenal sebagai salah satu pengeskpor utama kayu di dunia.

4. Amerika Serikat

Tetangga Kanada di Amerika Utara, Amerika Serikat, juga termasuk ke dalam negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Sepertiga wilayahnya, atau setara dengan 310 hektare merupakan area hutan yang sangat lebat.

Banyaknya hutan yang tersebar membuktikan bahwa negeri Paman Sam tak hanya berisikan kota besar, tetapi juga daerah-daerah yang masih hijau. Beberapa hutan bahkan menjadi objek wisata, seperti Taman Nasional Sequoia di California.

5. China

Posisi lima dihuni oleh negara Asia Timur, yaitu China, dengan luas hutan sebesar 220 hektare. Meski demikian, luas hutan ini justru hanya setara 22% dari total wilayahnya secara keseluruhan.

Hutan di China juga terancam, terutama karena penambangan dan teknik modernisasi negara lainnya. Terlebih, China memiliki populasi yang sangat tinggi sehingga membutuhkan lebih banyak lahan untuk kawasan permukiman.

Sumber : Idntimes

Latest
Next Post